Home ยป Materi Kuliah: Praktikum Teknik Komputer 1

Materi Kuliah: Praktikum Teknik Komputer 1

Materi kuliah selanjutnya yang akan kita bahas adalah mata kuliah berbasis praktek di laboraturium yaitu praktikum lab teknik komputer 1. Dimana dalam materi kali ini full praktek dari materi-materi teknik komputer dasar yang sudah diajarkan sebelumnya terutama di mata kuliah elektronika dasar dan rangkaian digital.

Praktikum teknik komputer adalah bagian penting dari program studi teknik komputer di perguruan tinggi. Praktikum ini dirancang untuk memberikan pengalaman praktis kepada mahasiswa dalam menerapkan konsep-konsep teori yang dipelajari dalam kuliah ke dalam situasi nyata. Beberapa topik yang umumnya dicakup dalam praktikum teknik komputer meliputi pemrograman, jaringan komputer, sistem operasi, dan rekayasa perangkat lunak.

Selama praktikum, mahasiswa akan diberikan tugas-tugas yang harus diselesaikan menggunakan perangkat lunak dan perangkat keras yang relevan. Mereka juga akan belajar cara bekerja secara efektif dalam tim, mengembangkan keterampilan komunikasi, dan memecahkan masalah secara mandiri.

Praktikum teknik komputer biasanya dilakukan di laboratorium komputer yang dilengkapi dengan peralatan dan perangkat lunak yang diperlukan. Dosen atau asisten praktikum akan memberikan bimbingan dan evaluasi terhadap kinerja mahasiswa selama praktikum untuk memastikan pemahaman konsep yang baik.

Mata kuliah ini akan mempraktekkan materi yang sudah diajarkan sebelumnya antara lain:
  1. Multitester (Avo meter)
  2. Komponen pasif dan aktif
  3. Pengenalan osiloskop dan rangkaian penyearah gelombang
  4. Gerbang logika
  5. Pembuatan alat 1 (membuat layout PCB menggunakan Eagle 5.6.0)
  6. R-S flip-flop dan clocked R-S flip-flop
  7. Microcontroller 1: pengantar dan modul target
  8. Microkcontroller 2: seven segment dan motor stepper
Pada pertemuan praktikum di laboraturium teknik ini mahasiswa akan diajak untuk mengenal alat-alat dan komponen-komponen elektronika dasar, baik alat ukur maupun alat kerja. Kemudian di pertemuan selanjutnya mahasiswa mulai melakukan praktek pembuatan produk atau projek secara bersama-sama dengan dipandu oleh dosen lab. Sebagai hasil akhir dari kegiatan praktikum setiap kelompok diwajibkan membuat suatu karya berdasarkan materi yang sudah dipraktekkan sebelumnya sesuai dengan kreasi dan inovasi masing-masing kelompok.
Bagi seorang mahasiswa Teknik Komputer/Informatika materi ini biasanya diajarkan pada semester kedua. Karena materi ini adalah materi praktikum lanjutan dari beberapa materi perkuliahan sebelumnya seperti amta kuliah elektronika dasar, logika algoritma dan rangkaian digital

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top