Home » Materi Kuliah: Mikrokontroller

Materi Kuliah: Mikrokontroller

Materi kuliah selanjutnya yang akan kita bahas adalah mata kuliah mikrokontroller dimana matakuliah ini penting di prodi informatika terutama jurusan teknik komputer. Pada matakuliah ini diharapkan mahasiswa dapat memahami tentang penggunaan IC Mikrokontroler ATMEGA 16/32/8535 sebagai komponen pengendali elektronika atau robotika. Mahasiswa dapat membuat downloader mikrokontroler serta dapat menggunakan software simulator baik berupa proteus,Top View.
Mata kuliah ini akan mempelajari berbagai hal tentang mikrokontroller antara lain:
  1. Pengantar mikro kontroller ATMEGA 16/32/8535
  2. Perangkat keras mikro kontroller ATMEGA 16/32/8535
  3. Memory, register, timer, & counter mikro kontroller ATMEGA 16/32/8535
  4. Bahasa pemrograman dan format bilangan mikro kontroller ATMEGA 16/32/8535
  5. Set instruksi mikro kontroller ATMEGA 16/32/8535
  6. Teknik pemrograman mikrokontroller ATMEGA 16/32/8535
  7. Aplikasi mikrokontroller dengan software simulasi proteus
Materi mikrokontroller merupakan salah satu materi yang harus memiliki lebih banyak porsi praktek daripada teori walaupun disetiap pertemuan selalu diakhiri dengan latihan soal namun sebagai tugas akhirnya adalah membuat sebuah karya atau produk dari IC mikrokontroller oleh masing-masing kelompok.
Ada beberapa manfaat bagi mahasiswa Teknik Komputer yang mengikuti mata kuliah Mikrokontroller, di antaranya:
  1. Memperkaya wawasan dan pengetahuan tentang sistem kontrol: Mikro kontroller memiliki peran yang sangat penting dalam mengendalikan sistem-sistem mekanik dan elektronik, sehingga mahasiswa akan memperoleh wawasan yang lebih luas tentang bagaimana mengendalikan sistem.
  2. Menambah keterampilan pemrograman: Mikro kontroller membutuhkan pemrograman untuk mengendalikan perangkat keras dan software, sehingga mahasiswa akan memperoleh keterampilan pemrograman yang lebih baik.
  3. Menambah keterampilan dalam memahami dan mengatasi masalah: Dalam mata kuliah ini, mahasiswa akan diajak untuk memecahkan berbagai masalah dalam pemrograman Mikrokontroller, sehingga mereka akan memperoleh keterampilan dalam memahami dan mengatasi masalah.
  4. Membantu mempersiapkan karier: Kemampuan dalam memahami dan mengendalikan Mikro kontroller adalah salah satu keterampilan yang sangat dibutuhkan dalam bidang teknologi dan industri, sehingga mahasiswa akan lebih siap untuk memasuki dunia kerja.
  5. Menambah kemampuan dalam membangun aplikasi nyata: Mikro kontroller memiliki banyak aplikasi dalam bidang teknologi dan industri, sehingga mahasiswa akan memperoleh kemampuan dalam membangun aplikasi-aplikasi nyata yang bermanfaat.
Secara umum, mata kuliah Mikrokontroller membantu mahasiswa Teknik Komputer untuk memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang berguna dalam bidang teknologi dan industri, serta mempersiapkan mereka untuk memasuki dunia kerja.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top