Home » Materi Kuliah: Etika Profesi TIK

Materi Kuliah: Etika Profesi TIK

Materi kuliah yang akan kita bahas adalah mata kuliah etika profesi teknologi informasi dan komunikasi dimana matakuliah ini penting artinya dalam kehidupan sehari-hari. Karena materi ini adalah materi yang menyampaikan tentang bagaimana seorang profesional dibidang IT memiliki etika bekerja, moralitas dan menaati norma-norma dalam pekerjaan khususnya di bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK).
Mata kuliah ini akan mempelajari berbagai hal tentang etika profesi teknologi informasi dan komunikasi antara lain:
  1. Tinjauan umum etika
  2. Etika profesi
  3. Profesionalisme kerja bidang IT
  4. Cybercrime
  5. Kebijakan hukum cybercrime
  6. Etika berinternet
Dalam slide akan tersedia materi dan juga latihan soal. Materi etika profesi ini menekankan kepada sikap moral dan etika seorang profesional di bidang IT dalam memanfaatkan kemampuannya untuk hal-hal yang positif dan tidak melanggar undang-undang atau peraturan yang berlaku di masyarakat dan dunia kerja.
Sebagai tambahan informasi bahwa materi Etika Teknologi Informasi dan Komunikasi ini adalah materi dasar yang sebagai awal softskill yang wajib dimiliki oleh setiap profesional di bidang IT maka materi lebih banyak disampaikan dalam bentuk teori dan contoh-contoh penerapannya di dunia nyata..
Di akhir pembahasan sebagai tugas akhir nilai UAS maka mahasiswa diwajibkan membuat sebuah blog/web. Dimana di dalamnya memuat sebuah artikel karya sendiri (boleh mengutip dari berbagai sumber) tanpa plagiat yang berkaitan dengan kasus pelanggaran IT dalam 5 tahun terakhir dan tugas ini dikerjakan dengan kelompok masing-masing.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top