Home ยป Materi Kuliah: Data Mining dan Kecerdasan Bisnis

Materi Kuliah: Data Mining dan Kecerdasan Bisnis

Mata kuliah data mining akan membahas tentang teknik dan metode untuk mengeksplorasi dan menganalisis data besar. Sehingga dapat bermanfaat untuk mengidentifikasi pola dan tren yang berharga untuk kepentingan bisnis.
Sementara itu, mata kuliah kecerdasan bisnis akan membahas tentang konsep dan teknologi untuk mengumpulkan, menganalisis, dan menyajikan informasi bisnis yang berguna dan strategis. Tujuan utamanya adalah untuk membantu organisasi dalam mengambil keputusan yang lebih baik berdasarkan data dan informasi yang tersedia.
Mata kuliah ini akan mempelajari berbagai hal tentang data mining dan kecerdasan bisnis antara lain:
  1. Latar belakang data mining
  2. Data warehouse dan OLAP
  3. Data preprocessing
  4. Association rules
  5. Classification & prediction
  6. Metode dan algoritma data mining
  7. Studi kasus menggunakan algoritma C4.5

Tujuan dari mata kuliah data mining adalah untuk memberikan pemahaman dan keterampilan pada mahasiswa mengenai teknik dan metode analisis data yang dapat berguna untuk menghasilkan informasi berharga dan memecahkan masalah bisnis.

Sedangkan tujuan dari diajarkannya mata kuliah kecerdasan bisnis adalah untuk memberikan pemahaman pada mahasiswa mengenai konsep dan teknologi yang dapat digunakan untuk mengumpulkan, menganalisis, dan menyajikan informasi bisnis yang berguna dan strategis untuk mendukung pengambilan keputusan yang lebih baik.

Mahasiswa yang mempelajari mata kuliah ini akan mendapatkan banyak manfaat, antara lain:
  1. Kemampuan untuk mengelola dan menganalisis data secara efektif sehingga dapat memberikan informasi yang berharga bagi bisnis dan organisasi.
  2. Kemampuan untuk mengekstraksi pola dan tren dari data besar dan memanfaatkannya untuk mengambil keputusan bisnis yang lebih baik.
  3. Memahami teknologi dan konsep yang digunakan dalam kecerdasan bisnis dan data mining sehingga dapat diterapkan dalam kehidupan kerja di masa depan.
  4. Mengembangkan keterampilan analitis dan pemecahan masalah yang sangat berharga dalam karir di bidang bisnis dan teknologi.
  5. Mampu memahami tren bisnis dan mengantisipasi perubahan pasar untuk membantu organisasi merespon perubahan bisnis dan pasar dengan lebih cepat dan efektif.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top