Home ยป Materi Kuliah: Jaringan Komputer Lanjut

Materi Kuliah: Jaringan Komputer Lanjut

Mata kuliah Jaringan Komputer Tingkat Lanjut merupakan mata kuliah yang fokus pada konsep-konsep dasar dan prinsip-prinsip teknik jaringan komputer. Mata kuliah ini mencakup berbagai aspek dari jaringan, termasuk topologi, routing, switching, dan protocol. Mengajar mahasiswa tentang konsep-konsep dasar dan prinsip-prinsip teknik jaringan komputer, serta bagaimana mereka dapat digunakan untuk membangun sistem jaringan komputer yang efektif dan efisien. Mata kuliah ini merupakan dasar untuk mahasiswa yang ingin mengembangkan kemampuan dan untuk mengembangkan sistem jaringan komputer yang efektif dan efisien..
Mata kuliah ini akan mempelajari berbagai hal tentang computer networking antara lain:
  1. Internetwork (MAN dan WAN)
  2. Scalable IP addressing (VLSM)
  3. FTP routing cisco
  4. DHCP server
  5. FTP server
  6. DNS server

Tujuan

Tujuan dari mempelajari mata kuliah Jaringan Komputer Tingkat Lanjut adalah untuk mengajarkan mahasiswa tentang konsep-konsep dasar dan prinsip-prinsip teknik jaringan komputer. Mata kuliah ini fokus pada konsep dasar jaringan, seperti topologi, protokol, pengalaman IP, dan routing. Selain itu, mahasiswa juga akan memahami keamanan jaringan dan bagaimana melindungi sistem dari serangan dan ancaman keamanan. Mata kuliah ini merupakan dasar untuk mahasiswa yang ingin mengembangkan kemampuan mereka dalam bidang networking dan untuk mengembangkan sistem jaringan yang efektif dan efisien.

Mata kuliah ini memiliki banyak manfaat bagi mahasiswa. Pertama, mahasiswa akan mempelajari tentang teknologi dan konsep jaringan komputer yang lebih kompleks. Hal ini akan memungkinkan mereka untuk memiliki pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana jaringan bekerja dan bagaimana mereka dapat mengelolanya dengan efektif.

Kedua, mahasiswa akan mempelajari tentang keamanan jaringan dan cara mengamankan data serta informasi yang sebagai hasil dari jaringan. Dalam dunia digital saat ini, keamanan jaringan merupakan hal yang sangat penting dan mahasiswa yang mempelajari mata kuliah ini akan memiliki keahlian yang dibutuhkan dalam mengatasi masalah keamanan jaringan.
Ketiga, mahasiswa juga akan mempelajari tentang teknologi terbaru dalam pengembangan jaringan dan pengelolaan jaringan yang lebih kompleks. Dengan mempelajari teknologi terbaru, mahasiswa akan dapat mengembangkan jaringan yang lebih efektif dan efisien serta mengelola jaringan dengan lebih baik.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top