Home Ā» Materi Kuliah: Elektronika Dasar

Materi Kuliah: Elektronika Dasar

Materi kuliah selanjutnya yang akan kita bahas adalah mata kuliah Elektronika dasar dimana matakuliah ini penting di prodi informatika baik jurusan teknik komputer ataupun teknik informatika. Pada matakuliah ini, kita akan belajar konsep dasar dari komponen-komponen elekronika dan penerapannya dalam suatu rangkaian. dari tujuan pembelajarannya terlihat bahwa mata kuliah ini pada beberapa materi berkaitan dengan mata kuliah teori dasar rangkaian listrik.
Mata kuliah elektronika dasar membahas konsep dasar dalam bidang elektronika, yang merupakan pondasi bagi pemahaman tentang sistem elektronik yang kompleks. Mahasiswa mempelajari tentang komponen elektronika fundamental seperti resistor, kapasitor, induktor, transistor, dan dioda, serta bagaimana komponen-komponen ini digunakan dalam rangkaian elektronika. Mereka juga belajar tentang analisis sirkuit listrik sederhana menggunakan hukum dasar seperti hukum Ohm dan hukum Kirchhoff. Selain itu, mahasiswa juga diajarkan tentang prinsip-prinsip merancang, mengoperasikan, dan menganalisis sistem elektronika sederhana, serta penerapan konsep penguat, oscillator, dan filter dalam rangkaian elektronika. Mata kuliah ini penting karena memberikan dasar yang kuat bagi mahasiswa untuk memahami teknologi elektronika modern dan mengembangkan keterampilan yang diperlukan dalam merancang dan menganalisis berbagai sistem elektronik.
Mata kuliah ini akan mempelajari berbagai hal tentang elektronika dasar antara lain:
  1. Teori semikonduktor
  2. Teori dasar dioda
  3. Dioda fungsi khusus dan teori transformator
  4. Rangkaian apliaksi dioda
  5. Teori transistor
  6. Rangkaian bias transistor
  7. Perancangan rangkaian elektronika
  8. Analisa rangkaian elektronika
  9. Alat ukur multimeter
  10. Alat ukur osiloskop
Sekilas materi ini terlihat sebagai materi elektronika di zaman SMP kurikulum 1996 atau 2004. Tentu saja karena materi ini sebenarnya adalah materi yang harus dipraktekkan maka di setiap pertemuan ada tugas yang harus dikerjakan berupa latihan berdiskusi dan tugas praktek sesuai dengan bab yang sedang dipelajari
Bagi seorang mahasiswa Teknik Komputer/Informatika materi ini biasanya diajarkan pada semester kedua karena materi ini adalah materi dasar sebelum mempelajari mata kuliah lain sesuai jurusan masing-masing. Apabila materiĀ  ini dapat dikuasai maka pada pembelajaran selanjutnya akan lebih mudah dan cepat dipelajari. Materi ini disampaikan sebagai dasar apabila mahasiswa akan terjun kedunia profesional sebagai teknisi komputer.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top