Home » Materi Kuliah: Algoritma dan Pemrograman 1

Materi Kuliah: Algoritma dan Pemrograman 1

Pengantar

Materi kuliah yang akan kita bahas adalah mata kuliah Algortima dan Pemrograman, matakuliah ini penting artinya dalam kehidupan sehari-hari, terlebih lagi untuk seseorang yang berkecimpung dalam pembuatan program. Perlu pemahaman yang cukup dan latihan dari permasalahan, agar pengetahuan pembuatan algortima dapat terkuasai dengan baik. Pada matakuliah ini, Anda akan mempelajari pembuatan algoritma, yang penggunaan utamanya adalah untuk pembuatan program.

Materi

Mata Kuliah ini akan mempelajari berbagai hal tentang algoritma dan pemrograman antara lain:
  1. Sejarah perkembangan Bahasa C++
  2. Pengenalan IDE C++
  3. Pengenalan struktur program C++
  4. Penegenalan Model Data
  5. Pengenalan variable, tipe data dan perintah masukan dan keluaran
  6. Operator Bahasa C++, manipulasi string dan konversi string
  7. Seleksi kondisi
  8. Perulangan
  9. Array
  10. Pointer dan Macro
  11. Fungsi
  12. Structure
  13. Object Oriented Program (OOP)
Dalam slide akan tersedia materi dan juga Latihan soal/praktek. Tentu saja karena materi ini sebenarnya adalah materi yang harus dipraktekkan maka di akhir pertemuan mahasiswa akan ditugaskan untuk membuat sebuah project pembuatan aplikasi dengan menggunakan Borland C++ sesuai dengan materi yang sudah pernah disampaikan sebelumnya.
Sebagai tambahan informasi bahwa aplikasi Borland C++ umumnya dapat kita lihat pada aplikasi kasir dan aplikasi lain dengan tampilan khas berupa background warna gelap seperti tampilan command prompt pada windows.
Borland C++ atau lebih umum Bahasa C++ adalah Bahasa dan program yang menghasilkan aplikasi sederhana dengan tampilan minimalis dan sangat mudah untuk digunakan oleh seorang end user tanpa perlu pelatihan lanjutan.

Tujuan

Mempelajari mata kuliah algoritma dan pemrograman sangat penting dalam dunia teknologi dan informasi. Algoritma adalah serangkaian instruksi logis untuk menyelesaikan suatu masalah atau tugas, sedangkan pemrograman adalah proses membuat program komputer menggunakan bahasa pemrograman tertentu. Dengan mempelajari algoritma, seseorang dapat memahami cara membuat solusi yang efisien dan efektif untuk menyelesaikan suatu masalah atau tugas. Sedangkan dengan mempelajari pemrograman, seseorang dapat membuat program komputer yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah atau tugas tersebut. Kemampuan ini sangat berguna dalam dunia kerja di bidang teknologi dan informasi, serta dapat membantu meningkatkan kemampuan analisis, logika, dan pemecahan masalah seseorang secara keseluruhan.
 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top