Home ยป Alasan Kenapa Blog Susah Dicari di Mesin Pencari Google !

Alasan Kenapa Blog Susah Dicari di Mesin Pencari Google !

Satu pertanyaan yang sering sekali saya perhatikan dikalangan blogger pemula adalah kenapa blog susah dicari dan tidak muncul di google, padahal artikelnya sudah banyak, bahkan usia blognya sudah cukup lama, tapi blognya masih sepi-sepi saja.
Membuat blog agar ramai pengunjung tentu tidaklah terlalu sulit untuk blogger yang sudah berpengalaman, karena mereka sudah tau triknya setelah cukup lama malang melintang di dunia blogger, namun tidak untuk blogger pemula yang baru beberapa bulan terjun ke dunia blogging, bahkan mungkin saja blogger yang sudah lama tapi tidak pernah mau belajar pun akan bernasib sama.
Kunci agar blog bisa dapat pengunjung salah satunya adalah blog harus mampu ditemukan di hasil pencarian google, agar blog lebih mudah muncul maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh seorang blogger, selain template blog yang digunakan ramah mesin pencari (seo friendly), pemilihan judul artikel dan isi artikel juga harus menjadi perhatikan pertama.
Pengunjung bisa datang ke halaman blog yang kita miliki, itu berangkat dari judul yang mereka ketikan di mesin pencari, tentu saja jika judul artikel blog dan isi artikel blog kita relevan, maka peluang judul blog kita ditemukan di mesin pencari akan semakin baik, dan itu artinya blog kita akan banyak mendatangkan pengunjung sehingga lambat laun blog kita bisa menjadi populer.

Ini Penyebab kenapa blog kita sulit ditemukan di hasil pencairan google.

Jika blog kita saat ini belum bisa mendapatkan banyak pengunjung, padahal artikel sudah cukup banyak, maka kemungkinan bisa disebabkan oleh hal-hal berikut ini:

1. Pemilihan judul blog yang salah.

Sebuah blog bisa ditemukan di hasil pencarian google di urutan terbaik, itu karena blog sudah diindek dan dikenali oleh mesin pencari, judul serta isi artikel relevan dengan kata pencarian yang diketikan oleh pencari serta blog kita mampu bersaing dengan blog lainnya.
Kesalahan yang banyak dilakukan oleh blogger pemula adalah pemilihan judul, mereka membuat judul menggunakan short tail keyword (judul yang terdiri dari 1 sampai 3 kata) dan parahnya judul artikel yang mereka buat bukan hasil riset, sehingga judulnya tidak pernah muncul karena memang tidak banyak orang yang nyari mengenai judul tersebut sehingga blog susah dicari.
Untuk blog baru seharusnya ketika ingin membuat artikel kita harus memilih judul artikel menggunakan long tail keyword dan jangan lupa untuk selalu melakukan riset kata kunci serta dapat memilih judul-judul yang memiliki persaingan rendah.

2. Artikel yang terlalu singkat

Kesalahan kedua yang banyak sekali dilakukan oleh blogger pemula yang mengakibatkan bloggernya sulit ditemukan mesin pencari adalah isi artikel yang dibuat sangat singat.
Seo terus berkembang, dan salah satu faktor seo kali ini sangat memperhatikan jumlah kata dalam artikel. Semakin banyak jumlah kata akan semakin memiliki peluang ditemukan di hasil pencarian.
Banyak blogger pemula melakukan kesalahan ketika membuat artikel, jumlah kata pada setiap artikel yang mereka buat terlalu sedikit. Sehingga blognya sulit bersaing sehingga sulit ditemukan dihasil pencarian google. Selain memperhatikan judul artikel yang baik, juga jangan lupa untuk selalu buat artikel lebih dari 300 – 2.000 kata, pokoknya lebih banyak itu lebih baik.

3. Kurang memperhatikan Faktor SEO

Ada yang bilang saya tidak pernah mikirin seo blog saya tetap banyak pengunjungnya. Mungkin itu bisa jadi karena kebetulan atau dia sudah paham seo sebelumnya. Sehingga ketika membuat artikel faktor-faktor seo tanpa disadari dilibatkan kedalam artikel yang dibuat.
Untuk kita yang menargetkan pengunjung dari mesin pencari, peranan SEO menurut saya sangat penting. Sehingga harus selalu diupayakan untuk dipelajari dan selalu dilibatkan didalam artikel. Dengan mempelajari seo kita akan tau bagaimana seharusnya artikel dibuat, sehingga artikel akan banyak memiliki peluang ditemukan di hasil pencarian.
Seo yang harus dipelajari terutama untuk blogger pemula adalah optimasi seo onpage. Dengan memahami seo onpage kita akan tahu bagaimana seharusnya artikel dibuat. Selain itu optimasi seo offpage juga tidak kalah penting sehingga tidak ada lagi keluhan blog susah dicari.
Kedua perihal seo tersebut harus selalu dipelajari dipahami dengan baik. Sehingga pada akhirnya setiap artikel yang kita buat, merupakan artikel yang seo friendly, ramah mesin pencari serta akan lebih mudah muncul di hasil pencarian.

4. Judul artikel memiliki persaingan yang tinggi

Sangat sulit bagi blog baru bersaing dengan blog lama, karena blog baru reputasinya belum terindex dengan baik oleh mesin pencari. Sehingga walaupun judul artikel blog sangat relevan dengan kata kunci yang diketikan pengguna, mesin pencari akan memprioritaskan artikel dari blog-blog yang sudah sangat dikenal dan sudah memiliki reputasi baik di mesin pencari.
Untuk blog baru, jangan mengambil judul artikel yang memiliki persaingan tinggi walaupun judul tersebut memiliki tingkat pencarian bulanan sangat tinggi. Karena blog kita tidak akan mampu bersaing sampai kapanpun, kecuali usia blog kita sudah sangat berumur.
Blog baru sebaiknya menargetkan judul yang memiliki persaingan rendah walaupun jumlah tingkat pencarian bulannya sangat tinggi.
Untuk membuat judul dengan persaingan rendah caranya dengan menggunakan kata kunci yang kita target untuk dibuatkan artikelnya di mesin pencari. Jika jumlah pencarian di atas 1.000.000 (satu juta), maka tinggalkan dan cari yang lebih sedikit minimal di bawah 500.000.
Semakin kecil jumlah pencarian maka akan semakin mudah artikel blog kita dengan judul serupa bersaing di hasil pencarian google. Jangan khawatir walaupun jumlah pencari tiap bulannya sedikit. Namun dengan mengunakan judul long tail keyword serta dukungan seo, maka artikel kita bisa menjaring banyak pengunjung.

5. Template blog kita kurang SEO Friendly

Yang kelima kemungkinan Tempate blog yang kita gunakan kurang seo friendly dan ramah mesin pencari. Penting sekali untuk menggunakan template seo friendly. Selain tampilan yang bagus, template harus lebih ramah mesin pencari sehingga blog akan lebih mudah terindex di halaman mesin pencari.
Seo merupakan faktor penting yang harus terlibat di dalam blog agar blog lebih mudah muncul di mesin pencari. Menggabungkan judul dan isi artikel yang seo friendly akan membuatnya lebih mudah muncul di hasil pencairan google dan ramai pengunjung.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top