Home ยป 6 Tips Mengganti Template Baru Blog Agar Visitor Naik

6 Tips Mengganti Template Baru Blog Agar Visitor Naik

Mengganti template blog lama dengan yang baru adalah salah satu pilihan. Ada banyak alasan kenapa template lama harus diganti dengan template baru, bisa jadi karena tampilan template lama sudah dianggap kurang menarik, template blog baru dianggap lebih keren desainnya, bagus strukturnya dan lebih seo friendly dari pada template lama atau ada upaya ingin menaikan visitor.
Template adalah pondasi utama blog kita, oleh karena itu template adalah salah satu yang harus benar-benar diperhatikan, jika template baik dan memiliki kriteria seo, maka template akan lebih disukai oleh mesin pencari, itu artinya akan memberikan dampak positip pada blog, sehingga blog akan lebih mudah ditemukan mesin pencari dan itu artinya visitor akan semakin baik.
Sebenarnya mengganti template blog itu sangat mudah sekali hanya dalam satu klik saja template sudah bisa diganti, namun ada hal-hal yang harus kita perhatikan ketika ingin melakukan penggantian template, agar tidak mempengaruhi performa blog kita, jika tidak maka penggantian template bisa saja berdampak menurunkan visitor blog kita.

Tips Mengganti template baru blog agar visitor tidak turun

Disini saya akan berbagi tips mengganti template baru blog agar visitor blog kita bisa naik dan tidak turun, sebagai berikut:

1. Pilih template blog yang Baik & berkualitas.

Ada banyak sekali template yang bisa kita download dan bisa kita gunakan, baik template gratisan maupun template premium (berbayar), namun sebelum kita gunakan, sebaiknya kita pastikan bahwa template yang kita pilih adalah template blog yang baik dan berkualitas,
Beberapa kriteria template blog yang baik dan berkualitas adalah sebagai berikut:
a. Ringan
Template ringan atau loadingnya cepat, ingat template ringan adalah salah satu yang bisa mempengaruhi peringkat halaman di mesin pencari, karena loading speed sudah menjadi bagian dari google ranking faktor, semakin ringan loading sebuah template maka itu semakin baik.
b. Mobile friendly.
Template mobile friendly adalah template yang sangat ringan jika diakses menggunakan perangkat mobile, dan tampilan akan menyesuaikan dengan lebar layar perangkat yang digunakan tanpa harus scroll ke kiri dan ke kanan, ini sangat diutamakan apalagi sekarang mobile friendly sudah menjadi google ranking faktor yang akan mempengaruhi rangking blog di hasil pencarian.
c. Responsive.
Template responsive adalah template yang tampilannya akan menyesuaikan dengan ukuran layar perangkat yang mengaksesnya, dan pengguna tidak harus scroll layar ke kiri dan ke kanan.
d. Memiliki strukturdata yang baik
Struktur data meskipun bukan faktor seo akan membantu google menampilkan informasi blog kita secara lebih baik ketika ditemukan di hasil pencarian, struktur data secara tidak langsung memiliki korelasi dengan seo.
e. Memiliki Ukuran File yang kecil.
Ukuran file yang kecil mewakili bahwa struktur kode template baik, dan dapat mempengaruhi kecepatan loading template tersebut, semakin kecil ukuran file maka akan semakin baik.

2. Backup dulu template lama kita sebelum diganti.

Jangan lupa backup template lama kita sebelum diganti, tujuannya adalah jika terjadi hal-hal buruk setelah melakukan penggantian template yang tidak dapat kita kontrol maka kita bisa mengembalikan blog kita ke template blog yang lama.

3. Pindahkan kode penting pada temlate lama ke template baru.

Sebelum ganti template sebaiknya kita pastikan bahwa kode-kode penting yang digunakan ditemplate yang lama sudah dipindahkan pada template baru.
Kode -kode penting blog biasanya berupa meta yang letaknya ada diantara kode <head> dan </head> bisa kita lihat di kode html template blog kita.
Meta tersebut menyimpan informasi penting blog kita yang dapat dipahami oleh robot mesin pencari (google bot), agar googlebot tidak pusing dengan template baru kita sebaiknya kode-kode meta tersebut dipindahkan pada template blog baru sebelum diganti dan pastikan sama.
Beberapa kode penting template blog adalah sebagai berikut:
a. Meta tag
Pastikan semua meta tag template lama sama dengan meta tag template baru.
b. Kode verifikasi webmaster tool, bing webmaster tool dan juga alexa jika ada
Jangan lupa pindahkan kode verivikas google dan bing webmaster tool jika pada template kita belum memiliki kode diatas sebaiknya kita daftarkan blog ke bing dan juga google webmaster, agar blog lebih mudah dikenali mesin pencari.
c . Kode opengraph dan twittercard jika ada.
Cara memindahkannya agar lebih mudah, silahkan buka dashboard blog editor html template lama, kemudian buka template blog baru pakai notepad++ atau pake notpad, silahkan bandingkan dan pindahkan kode-kode penting dari template blog lama ke template blog baru, lalu simpan.

4. Uji coba template baru kita.

Sebelum template baru digunakan, disarankan melakukan ujicoba template baru kita untuk memastikan bahwa template sudah bekerja dengan baik, silahkan gunakan blog ujicoba kita untuk mencobanya.

5. Ganti template pada Jam-jam sepi pengunjung.

Sebaiknya ganti template blog di jam-jam pada saat pengunjung sepi, biasanya dini hari sekitar jam 1-4 subuh pengunjung sangat sepi. Ini bertujuan agar penggantian template tidak menngganggu kenyamanan pengunjung, dan biasanya google index sangat inten ketika pengunjung membludak. ketika pengunjung sepi googlebot yang bertugas mengindex template akan bekerja lebih lambat.
Lakukan penggantian template secara cepat agar tidak banyak mempengaruhi pengalaman pengguna yang sedang online. Kita bisa mengganti template secara manual atau bisa juga menggunakan layanan ganti template yang sudah disediakan oleh blog.

6. Lakukan update artikel sesering mungkin.

Setelah melakukan penggantian template disarankan kita sering melakukan posting artikel. Hal ini untuk mengundang google bot lebih sering mereindex bagian-bagian penting pada template blog baru kita.
Alangkah baiknya sudah mempersiapkan beberapa artikel postingan sebelum melakukan penggantian template blog baru, agar ketika diganti posting artikel sudah siap.

Kesimpulan

Penggantian template memang sangat mudah. Jika dilakukan dengan cara-cara yang baik dan benar, maka performa blog kita akan tetap baik bahkan bisa menjadi lebih baik. Namun jika dilakukan kurang tepat bisa berdampak buruk dan berdampak pada turunnya visitor blog.
Cara di atas adalah cara yang biasa saya gunakan ketika melakukan penggantian template. Kebanyakan setelah penggantian template visitor blog cenderung meningkat. Seperti blog saya ini saya sudah 3 kali mengganti template dan pengunjung lebih baik dari sebelumnya.
Itulah uraian singat mengenai 6 Tips Mengganti template baru blog agar visitor naik, semoga bermanfaat. selamat mencoba.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top