Home » Kesalahan SEO On Page Yang Masih Sering Dilakukan Blogger

Kesalahan SEO On Page Yang Masih Sering Dilakukan Blogger

Kesalahan SEO On Page Yang Masih Sering Dilakukan Blogger
sumber: akudigital
SEO untuk pemilik situs web/blog tentu memiliki peran penting mulai dari memudahkan marketing hingga menaikkan brand awareness.
SEO adalah kependekan dari “search engine optimization.” Teknik ini merupakan upaya mengoptimasi website agar mendapat ranking teratas di hasil pencarian Google.
Dengan SEO, situs akan mudah orang temukan sehingga berpotensi menyedot lebih banyak traffic. Pertanyaannya, dari sekian banyak mesin pencari (Yahoo!, Bing, Amazon, dll), kenapa sih harus mengutamakan SEO Google?
Jawabannya sederhana: Google adalah search engine favorit bagi mayoritas pengguna internet.
Buktinya, setiap hari ada sekitar 3,5 miliar pencarian lewat Google. Tak heran, Google menguasai 90% pangsa pasar mesin pencari (Statista). Oleh sebab itu, SEO Google cukup menentukan keberhasilan web. Dengan search engine optimization yang oke, website akan menjaring lebih banyak potensi traffic.
Bahkan faktanya, 53% traffic website datang dari pencarian organik (SEO). Pencarian organik yaitu aktivitas mencari informasi dengan memasukkan keyword tertentu ke Google.
Dan bukan sekadar traffic, jangkauan audiens Anda juga tepat alias sesuai tujuan situs (meningkatkan branding, bertransaksi, sumber informasi, dll).
Menurut penelitian SEMRUSH, banyak pemilik situs web yang sering mengalami masalah teknis karena adanya banyak kesalahan pada on page SEO.
Apa saja kesalahan SEO On Page yang harus diperhatikan?

1. Tidak periksa status indeks website di halaman hasil pencarian.

Hal ini adalah masalah pertama dalam dunia blogger, banyak blogger yang sering terkendala indeks artikel yang ditulis pada blog mereka. Sangat dianjurkan sebagai blogger kita menyempatkan untuk mngecek apakah artikel kita sudah terindeks atau belum di mesin pencari. Salah satu cara agar kita tidak was-was memikirkan maslaah indeks ini adalah dengan mendaftarkan blog kita di google news, karena ketika sebuah blog sudah terdaftar di google news maka artikel yang dipost akan otomatis terindek oleh google dalam hitungan menit saja.

2. Salah pengaturan robot.txt

Banyak blogger yang mencoba-coba untuk mengutak-atik robot.txt atau biasa disebut custom robot txt. bagi seorang blogger yang masih pemula alangkah baiknya tidak melakukan kostumisasi dibagian ini, biarkan saja pengaturan ini default dari blogspot.

3. Membiarkan backlink yang tidak natural

Backlink adalah salah satu faktor yang mempengaruhi indeks dan rangking pada mesin pencari, namun backlink yang tidak berkualitas apalagi backlink yang dipasang atau didapat dengan cara tidak natural hanya akan membuat blog mendapat reputasi buruk di mata mesin pencari.

4. Konten duplikat

Originalitas suatu artikel dalam suatu blog adalah salah satu kunci utama sebuah blog dapat menempati posisi teratas dan penilaian yang baik oleh mesin pencari. Walaupun tidak dipungkiri banyak blog dengan artikel hasil duplikasi namun menempati posisi atas itu merupakan kasus lain.

5. Fitur Alt tag dibiarkan kosong atau broken image

Alt tag biasanya diletakkan pada sebuah image yang diuanggah pada postingan sebuah blog. Hal ini sebaiknya dilakukan untuk mengoptimasi artikel dan blog yang dimiliki, namun banyak blogger terkadang seakan meremehkan alt tag ini padahal mesin pencari mengindeks sebuah gambar melalui alt tag yang dimiliki gambar tersebut. Dan jangan lupa untuk segera mengganti broken image dengan gambar baru.

6. Masalah pada title tag

Title tag biasanya tersemat pada judul artikel atau bahkan judul blog, jadi sebaiknya tuliskan title tag yang gampang dibaca oleh mein pencari maupun oleh manusia. Usahakan agar title tag tidak terlalu panjang.

7. Internal & eksternal link rusak

Internal link adalah link yang yang mengarah ke artikel lain pada blog yang sama sedangkan eksternal link adalah link yan gmengarah pada artikel/blog orang lain. Walaupun terkesan sepele namun apabila terdapat internal atau eksternal link yang rusak maka akan berdampak pada performa blog. jadi sering cek link blog/artikel kalian.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top